Tags

Oke seperti judul yang kamu baca, kali ini gue bakal nge-share sedikit (banyak) pengalaman gue tentang SNMPTN. Yup, seperti yang kamu tau, SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sama seperti gue dulu, kamu yang sekarang adalah anak kelas 12 SMA/sederajat pasti akan berlomba-lomba untuk mengikuti persaingan ini dan berharap untuk lolos pastinya. Karena lolos SNMPTN itu rasanya luar biasa nikmat. Kita bisa santai-santai sambil liburan sembari nunggu jadwal verifikasi PTN sedangkan yang lain, masih harus berjuang SBMPTN dan Ujian-Ujian lainnya.

Sebelumnya cerita dulu deh yaa. Gue adalah salah satu mantan pejuang SNMPTN pada tahun 2015. Sekarang gue adalah mahasiswi yang menuju semester 4 jurusan Matematika FMIPA di Universitas Lampung. Gue masuk jurusan ini Alhamdulillah karena lolos SNMPTN, but bukan pilihan pertama sebenernya. Tapi memang niat awal pengen masuk di jurusan ini, jadi pasti kamu bisa bayangin dong waktu itu gimana bersyukurnya gue :)).

Waktu itu yang nyaranin pilihan pertama adalah seseorang yang memang harus gue denger nasihatnya, karena saat itu gue nggak boleh gegabah kan pilih jurusan, ya walaupun jurusan itu kemauan gue. Jadi dengan berbagai pertimbangan gue taro jurusan Matematika ini di jurusan kedua. Fyi aja sih, pilihan pertama gue itu FKIP Matematika. Dan gue nggak bercita-cita jadi guru, jadi waktu itu setiap gue berdoa semoga lolosnya yang pilihan kedua aja. And I got it! yeah! ha ha ha. Apakah ini yang disebut jodoh? ataukah takdir? yang pasti gue ngerasa sangat bersyukur dan sejak saat itu gue percaya banget sama yang namanya keajaiban. Keajaiban doa :))).

Walaupun yah setelah menjadi mahasiswi Matematika dan sudah 3 semester terlalui, rasanya berat. Nggak seperti yang gue bayangkan, disaat-saat tertentu gue ngerasa sulit banget. Karena gue masih banyak maen-maennya sih, jarang belajar :((. Tapi sejauh ini Alhamdulillah i am survived! Gue ngerasa kayanya sudah saatnya gue bertekad buat berubah. Iya, ini beneran kok. Bismillah. Karena ini adalah pilihan gue buat masuk jurusan sini jadi nggak ada alesan lagi buat main-main. Doakan yaa. Iya kamu yang baca doain gue yaa :))

BUSET GUE CURHAT, ha ha. Maafkan yaak, emang suka gitu orangnya. Harus di buat postingan khusus deh sepertinya curhatan itu, wkwk tungguin aja ya readers :)) wkwk. Ehem daripada berlama-lama lagi, mari kita langsung aje yuk ke TIPS LOLOS SNMPTN-nya! Tips-tips dibawah ini berdasarkan pengalaman & pengetahuan gue pribadi serta beberapa referensi yang gue baca, so disimak yaaa:))

  1. PILIH PTN PERTAMA SESUAI TEMPAT TINGGAL KAMU. Sangat penting ya buat kita milih PTN sesuai tempat tinggal kita pada pilihan pertama, karena peluang diterima lebih besar. Nempatin di pilihan pertama emang nggak harus, boleh di pilihan selanjutnya, tapi pertimbangin lagi ya, karena PTN mengutamakan putra-putri daerahnya. Tapi bagi kamu yang memang punya cita-cita ke PTN yang ada di Pulau Jawa, nggak ada salahnya kok buat di coba. Inget! Rejeki nggak kemana kok gaes!
  2. PILIH JURUSAN SESUAI JURUSAN SEKOLAH KAMU. Jadi biasanya kalo di SMA itu kan ada jurusan IPA dan IPS ya. Kalo sekarang MIA dan IS bukan si? Ya yang penting intinya Eksak dan Sosial lah ya. Nah, buat kamu yang jurusan Eksak untuk milih jurusan di SNMPTN dianjurkan untuk mengambil yang khusus Saintek. Misalnya jurusan-jurusan yang ada di Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, FKIP yang jurusan Eksak. Pokoknya yang berbau Eksak ya. Sedangkan yang sekolahnya jurusan Sosial, kamu silakan pilih jurusan-jurusan Soshum. Misalnya jurusan yang ada di FISIP, FEB, HUKUM, FKIP yang berbau Sosial. Tapi, sebenernya tidak ada patokan harus sih, karena teman-teman saya ada beberapa yang ternyata lolos bahkan yang lintas jurusan. Namun tetep ya yang sesuai jurusan pasti lebih di utamakan :))
  3. PILIH JURUSAN SESUAI MINAT. Ini penting banget loh! Karena kalo misalnya nih kamu udah lolos, tapi ternyata jurusan itu nggak sesuai sama minat kamu kan bahaya. Apalagi setelah itu kamu lepas begitu aja! Sungguh bisa fatal ya guys, kasian adek-adek kelas kamu nantinya karena sekolah kamu bisa di blacklist pada tahun berikutnya-_-
  4. LIHAT AKREDITASI SEKOLAH. Akreditasi sekolah nentuin jumlah porsi masing-masing untuk para siswanya agar bisa lolos. Semakin tinggi akreditasi sekolah kamu maka semakin besar peluang untuk lolos :))
  5. CARI TAU ALUMNI YANG UDAH MASUK PTN DAN JURUSAN TERSEBUT. Ternyata Alumni juga berperan loh, karena PTN juga ngeliat kualitas-kualitas lulusan dari sekolah kamu. Semakin banyak yang lolos pada tahun sebelum-sebelumnya, besar kemungkinan kamu untuk diterima :)) Kamu bisa tanya ke ruang BK untuk mengetahuinya.
  6. JANGAN MAKSAIN KEHENDAK DAN LIHAT KEMAMPUAN. Kamu bisa liat dari nilai rapor kamu dari semester 1-5. Kira-kira kamu nonjolnya dimana, dan bisa kamu kembangin ilmunya di PTN. Usahakan jangan sampai ada nilai yang turun. Nilai kamu harus konsisten, terutama di pelajaran yang di UN-kan ya. Nilai nggak harus sangat besar, karena lebih baik nilai standard tapi konsisten daripada nilai besar tapi naik-turun.
  7. PINTAR LIHAT PELUANG. Disini kamu harus pinter baca peluang. Cari tau temen-temen kamu mau ambil jurusan apa. Usahakan jangan sampai ada yang sama. Karena kalo ada yang sama peluang kamu makin kecil. Inget! Sebenernya saingan terbesar kamu adalah teman satu sekolah kamu sendiri.
  8. JANGAN SALAH MENGURUTKAN PILIHAN. Urutkan pilihan sesuai Passing Grade dari yang terbesar hingga terkecil ya. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kelolosan kamu untuk masuk PTN.
  9. JANGAN IKUT-IKUT TEMAN. Mungkin kamu yang punya tujuan buat bisa bareng sama temen kamu biar satu jurusan, bisa lupain tujuan ini. Inget ini persaingan ya. Karena seperti poin No. 6 malah bisa bikin peluang kamu makin kecil! Belajar buat cari tau minat dan passion kamu dimana ya :))
  10. CANTUMKAN PRESTASI YANG KAMU MILIKI. Jika kamu memiliki segudang prestasi, kamu beruntung! ini akan menjadi poin plus buat kamu. Jangan lupa untuk meng-upload scan sertifikatnya ya saat mendaftar :))
  11. JANGAN BERHENTI BERDOA. Nothing is Impossible guys! Selama kamu percaya, tidak ada yang tidak mungkin. Keajaiban doa itu sungguh luar biasa!

Baiklah, sepertinya apa yang gue tau udah gue share ya yang di atas. Buat para pejuang SNMPTN, FIGHTING guys! Tapi inget ya SNMPTN ini bukan segalanya. Karena sesungguhnya kalo bener-bener niat mau lolos itu berjuangnya dari semester 1. Anggep aja kalo lolos bonus, kalo belum lolos ya harus tetep semangat berjuang buat SBM. Berharap boleh, tapi jangan terlalu berharap.

Meski kita udah berusaha semaksimal mungkin, belum jadi jaminan kita bakalan lolos, karena penilaian SNMPTN ini sampai sekarang tidak ada yang benar-benar tau sistem penilaiannya seperti apa. Tapi semoga Tips di atas bisa sedikit membantu yaaa :))

-Irma-

Advertisements