Halo! Apa kabar semua? Semoga selalu sehat dan bahagia yaa!.

Sebelumnya nih, gue mau nanya sama kalian… “Siapa nih yang mau sukses dalam usia muda?”. Wah pasti semua pada jawab: “gue dong! Guee!!” ya kan ya kan? Ya iya dong, pasti :)).

Nah kalo pertanyaannya “Apa aja sih yang udah kalian rencanain atau lakukan buat menggapai kesuksesan itu?” hayoo.. Pasti lagi pada mikir kan? Tapi tenang nanti aja jawabnya ya, sekarang mending baca ini… :))

Well, gue mau ngasih tau tentang aspirasi gue. Di atas udah gue singgung-singgung ya. Jadi, aspirasi itu adalah harapan, cita-cita atau bisa di bilang tujuan hidup lo kedepannya mau seperti apa. Dan bagaimana sih lo bisa mewujudkannya?

Kalo gue nih ya, gue itu punya target. Gue mau di usia kisaran 20-21 tahun nanti, gue udah berhasil melihat karya gue terpajang manis di Toko Buku. Yup, gue mau jadi penulis. Tepatnya Novelis.

Nah mungkin beberapa di antara kalian berpikir kalo Novel itu hanya sekedar bacaan ringan di kala senggang atau bisa di bilang bacaan yang hanya menghibur saja. Eits, jangan salah lho, karena banyak cerita-cerita dalam novel yang bisa di ambil pelajaran/hikmahnya. Gak percaya? Makanya ayo baca!:))). Ya, tapi kita harus pinter-pinter nyarinya juga sih supaya dapet novel yang berkualitas :))).

Karena itu pula gue mau nulis novel, gue mau buat yang ceritanya bisa memotivasi sekaligus menginspirasi pembacanya nanti *tsah* :)). Seperti yang kita tau pula, gaya penulisan dalam novel itu kan ringan banget, santai, jadinya gue pengin memberikan semangat yang membangun, yang pastinya dengan kata-kata yang santai dan tidak menggurui :))).

Tapi… Menjadi penulis yang karyanya bisa di terbitkan dan nongkrong manis di Toko Buku itu kan susah ya guys, butuh kesabaran dan perjuangan yang ekstra. Proses seleksinya aja bisa sampe bertahun-tahun karena saking banyaknya naskah yang masuk ke penerbit. Oleh karena itu dari sekarang gue mulai menjalani kiat-kiat berikut agar tulisan gue nantinya mudah lolos seleksi, aamiin..

*Nah dari beberapa tahun belakangan ini gue gencar banget baca sebanyak-banyaknya novel. Karena gue ingin tahu berbagai macam cara penulis bisa menceritakan novel mereka. Dari segi cara penulisan, sudut pandang, bagian prolog sampe epilognya. Nah Btw nih, penulis favorit gue itu Ilana Tan. Lewat novel Sunshine Becomes You, asli gue jatuh cinta sama karyanya yang satu ini :))

* Nah setelah gue mempelajari dari cara penulis favorit, gue langsung mulai praktiknya. Gue coba nulis dari yang simple dulu. Gue coba nulis cerpen, flash fiction, cerita mini. Beberapa kali gue ikutan kuis nulis seperti itu, tapi apa daya gue jarang menang. Tapi gue pantang menyerah, gue selalu coba lagi. Dan lagi. Semangat!!

* Nah dari cerita-cerita yang simple tadi, gue mulai mengembangkannya jadi novel. Memang sih kadang suka stuck, tapi gue selalu berusaha mencari inspirasi. Sederhana sih, misalnya gue coba dengerin lagu favorit, gue baca-baca lagi novel yang paling gue suka, dan yang paling sering sih biasanya makan XD hahha…

Ya, seperti itu kiat-kiat yang gue lakuin saat ini. Gue sadar betul, gue masih banyak belajar dan masih banyak kurangnya. Tapi gue gak mau nyerah. Karena gue yakin setiap usaha yang kita lakuin, sekecil apapun itu, pasti ada hasilnya. Dan gue percaya sama kekuatan doa. Gue udah buktiin banget, disaat gue dilema luar biasa karena sesuatu, tapi gue selalu berdoa dan percaya sama keajaiban, akhirnya apa? Doa gue terjawab. Bahkan di luar dugaan gue sebelumnya. Saat itu gue bersyukur luar biasa karena mendapat nikmat yang sangat indah. *curcol*

Jadi, menurut gue kunci sukses itu sebenernya tidak sulit, tapi bagaimana kita memandang kesuksesan itu sendiri. Ada tiga kata kunci yang melekat banget di pikiran gue yaitu: USAHA, DOA dan SEDEKAH. Nah tiga kunci ini gue dapetin dari orang yang memotivasi gue, meskipun kedengarannya sederhana namun khasiatnya luar biasa. :))

Gimana guys? Udah tau jawaban dari aspirasi kalian masing-masing? Yuk monggo di share!

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway 2.0: What Is Your Aspiration? —mfrosiy”

http://gebrokenruit.blogspot.com/2015/05/giveaway-kedua-mfrosiy.html/

